Skip to content

Lagi, self-serving bias !

April 28, 2013

Masih ingat tentang kecenderungan melayani diri sendiri, atau istilah bahasa inggris nya mungkin lebih populer : self-serving bias ?

Kecenderungan ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, tingkat pendidikan, status ekonomi, dsb. Masing-masing dari kita punya pandangan dan pendapat sendiri dan lebih dari itu, kita punya keyakinan yang sering kali teguh tak tergoyahkan bahwa pandangan kita itulah yang paling benar. Gawatnya, semakin bertambah usia, menurut ayah saya, kita akan semakin yakin bahwa kitalah yang paling benar, bahwa apa yang kita yakini itu memang yang paling meyakinkan.

Saya juga tadinya meyakini bahwa saya sudah berhasil sedapat mungkin tidak melakukan self-serving bias. Sampai belakangan ini saya disadarkan bahwa ternyata saya belum sesukses itu😦

Saya senang melakukan segala sesuatu sendiri, sampai memasak mie instan alias indomie pun, saya harus memasaknya sendiri. Mie nya jangan sampai lunak, telor mata sapi harus ¾ matang, dsb. Kalau membeli makanan di pinggir jalan, saya juga harus ikut berpartisipasi, berdiri di samping si abang untuk membubuhkan garam, sambal, kecap, dsb, dan menuangkan kuahnya agar tidak kebanyakan tetapi juga tidak terlalu sedikit. Saya pikir-pikir mungkin karena itu saya menjadi sangat akrab dengan setiap abang penjual makanan di gerobak (self-serving bias, mode aktif😛 ). Nah, sementara saya berpikir saya ini menyenangkan dapat berinteraksi dengan abang penjual, teman saya mengatakan, « Aduh ribet banget sih lho jadi cewek »… Tetapi karena mode « self-serving bias » saya senantiasa aktif, saya mengabaikan pendapat teman saya ini tentunya😉

Belum lama ini saya masak bersama seorang kawan di rumahnya. Pakai serbet yang ini ya, pakai mangkok ini. Aduh jangan pakai sendok yang itu, terlalu besar. Jangan letakkan terlalu lama sendok itu di dalam wajan, itu kan plastik. Dst. Dst. Aduh kok ribet banget sih. Duar. Saya tertawa dalam hati. Sebenarnya itu juga yang saya lakukan di rumah : Gunakan dua spons yang berbeda dong, kan panci itu berminyak, gelasnya tidak. Aduh serbet untuk mengelap piring kok dipakai untuk mengelap tangan sih. Dsb, dsb. Aduh jorok banget sih kamu… Sementara yang saya label jorok itu menjawab, »Lha kamu toh juga senang makan bakso, siomay, dll di penjual gerobak di pinggir jalan. Ayo, di mana dia mencuci tangan ? Pakai serbet apa ? Bagaimana dia mencuci mangkok nya dsb ? Dan saya menyengir sambil membantah mempertahankan diri, « Tapi kan tidak setiap hari saya membeli makanan di abang-abang itu, dan biasanya saya seleksi kok abang-abangnya, maksudnya tingkat kebersihan abang-abangnya… » ^.^

Seorang kawan lain memandang wajah saya dan berkata , » Kamu hari ini tampak seperti orang bingung. Kamu sepertinya banyak pikiran. Bebaskan pikiran kamu, tidak usah khawatir akan hari esok. Hari esok memiliki kekhawatirannya sendiri. » Maklum, ini calon ibu pendeta yang bicara. Saya jadi tidak sanggup berkata apa-apa, geli menahan tawa, bagaimana ia dapat seyakin itu sementara hari itu rasanya saya sedang dalam kondisi baik, tenang, sehat, dan bahagia. Melihat saya terdiam, semakin kuatlah keyakinan calon ibu pendeta, « Bawa semua dalam doa, Ester ». Waduh nakal saya pun kambuh untuk menggodanya “Ya… tapi sudah lama sekali saya tidak berdoa… »

Sedetik kemudian, saya tidak lagi menertawakan kawan saya, tetapi menertawakan diri sendiri karena tiba-tiba saya tersadar bahwa saya juga kerap kali melakukan hal yang sama. Begitu yakinnya saya menganalisis wajah seseorang, entah kawan, ibu, kakak, dsb. « Mama kok kayaknya tampak stres sih… , atau kok kelihatannya kamu pikirannya lagi kayak benang kusut » Herannya meski mereka menyangkal, saya tetap dengan pandangan saya sendiri.

Seorang kawan lain sering kali mengeluhkan suami sahabatnya yang menurutnya kurang berperan sebagai suami, misalnya enggan mengantar jemput istrinya yang adalah sahabat teman saya ini, kurang supel dalam bergaul sehingga kurang aktif terlibat dalam percakapan sesama kaum bapak manakala kaum ibu sibuk mengocok arisan. « Aduh kasian banget deh dia punya suami seperti itu, « demikian katanya. Sementara itu ibu muda yang dikasihani ini sama sekali tidak merasa keberatan dengan karakter suaminya yang seperti itu. Menurutnya suaminya bukan tukang ojek atau sopir yang harus mengantar jemputnya. Saya jadi teringat ibu saya yang justru happy-happy saja karena ayah saya pun bukan tipe yang aktif menemaninya kemana-mana. Orang lain dapat berkata apa saja, tetapi bukankah yang mengetahui kebahagiaan kita adalah kita sendiri ? Jadi kita juga tidak dapat memaksakan nilai-nilai kita terhadap orang lain, apalagi memaksakan bahwa apa yang membahagiakan kita dapat pula membahagiakan orang lain.

Sebenarnya dalam skala ringan, self-serving bias itu tidak berbahaya, malah saya kira sedikit banyak diperlukan. Dengan self-serving bias, kita jadi punya mekanisme sendiri untuk tidak menjadi rendah diri. Bahkan orang-orang yang kita anggap “kurang beruntung”, dengan self-serving bias ini dapat mempertahankan harga diri di tengah dunia yang kadang « kejam » untuk mereka. Contohnya, kalau saya naik ojek atau bajaj, tukang ojek atau si tukang bajaj senang sekali memilih jalan memutar. Apalagi tukang ojek yang senang sekali memilih gang-gang kecil yang banyak polisi tidurnya. Tetapi mereka bangga, menurut mereka, mereka telah menghindari macet. sementara jika saya kalkulasi lama perjalanan antara melewati jalanan macet dengan masuk gang-gang tikus itu, kok lebih lama masuk gang tikus ya. Tapi biarlah, sesekali toh kita perlu membuat orang lain bangga, dan saya ikut bangga melakukannya.  Ups, lagi-lagi self-serving bias saya dalam kondisi aktif😉

Tukang pijat pun juga mengaktifkan mode self-serving bias lho. Masing-masing tukang pijat meyakini teknik pijatannya yang paling ok. Tambahan lagi, sebagian dari mereka memiliki teknik spesial yang menurut mereka tentunya hanya mereka yang punya : menarik tangan secara bersilang, membunyikan leher tanpa resiko patah, dll. Antara rasa penasaran dan ingin memberi kesempatan kepada mereka untuk beraksi, saya merelakan diri diapakan saja oleh beliau-beliau ini sambil memanjatkan doa agar keyakinan mereka kali ini tidak salah….

Penjual makanan juga senang melakukan self-serving bias. Misalnya Ibu A mengatakan sambal buatannya spesial karena digoreng dengan teknik tertentu yang tidak ingin dibagikannya kepada orang lain, agar menjadi resep rahasianya. Ada pula Ibu B yang mengatakan kalau mengulek sambal ya semua harus disiapkan sendiri dan harus beliau sendiri yang menguleknya ; tidak boleh berpindah tangan, karena rasanya akan berbeda jika diulek oleh beberapa orang.

Wah menarik sekali bukan memahami keunikan masing-masing orang dengan self-serving bias nya. Tapi tentunya self-serving bias tidak boleh berlebihan. Seperti yang sudah pernah dibahas pada tulisan sebelumnya, self-serving bias dapat menghalangi kita untuk menerima kebenaran pandangan orang lain dan menghindarkan kita untuk melihat realita. Pada akhirnya kita tidak dapat menganalisis masalah dengan objektif dan tidak dapat menemukan solusi yang tepat. Dosen yang menganggap metode pengajarannya sudah tepat, tidak dapat melihat bahwa mahasiswa/i nya kesulitan mengikuti metodenya karena ia meyakini kesalahannya bukan terletak pada dirinya tetapi pada mahasiswa/i nya. Orang yang arogan juga tidak dapat menyadari bahwa orang lain enggan berteman dengannya karena arogansinya. Sebaliknya ia justru mengembangkan ide lain, bahwa seseorang yang enggan bergaul dengannya adalah orang yang  kurang percaya diri untuk berteman dengannya yang (menurutnya) memiliki pribadi dan karakter yang ok. Kaget ? Luar biasa memang ketika self-serving bias ini sudah jadi bagian menetap dari kepribadian kita, apalagi percaya diri memang tipis bedanya dengan sikap narsis😛

Akhir kata, tulisan ini terbuka untuk masukan, kritik, dan saran, sebagai usaha untuk mengurangi self-serving bias saya yang meyakini bahwa apa yang saya ditulis ini adalah benar adanya… ^.^

2 Comments leave one →
  1. sufren permalink
    April 28, 2013 1:58 pm

    self-serving bias itu sama dengan keras kepala ya Bu? hari ini artikel Ibu Liana terasa ringan. mgkn karena disisipi sesi curcol hehehe.

    • Ester Lianawati permalink*
      June 15, 2013 4:56 am

      Hai Sufren, bener banget ini curcol :))
      Btw, keras kepala boleh dibilang sbg “tampilan” dr self-serving bias, terlihat dan dirasakan oleh pihak luar seperti itu ya😉.
      Self-serving bias itu sendiri didefinisikan sbg kecenderungan seseorang untuk melayani (serve) dirinya, memenuhi keinginan diri, atau memandang dirinya secara positif. Bentuk2nya bisa bermacam2, sy coba jelasin di sini : https://esterlianawati.wordpress.com/2009/10/03/self-serving-bias/

Leave a Reply

