Skip to content

Lansia, Depresi atau Tidak?

April 2, 2008

Menurut Papalia, Olds, dan Feldsman (2004) pada umumnya masyarakat memiliki stereotip negatif bahwa kebanyakan lansia mengalami depresi. Namun ternyata banyak penelitian menunjukkan hasil yang mengejutkan, yakni bahwa hanya sedikit lansia yang mengalami depresi. Ataupun jika mengalami, hanya dalam tingkat yang rendah (Nolen-Hoeksema, 2001).

Sedikitnya jumlah lansia yang terdeteksi mengalami depresi dapat terjadi karena beberapa hal. Pertama, masyarakat umumnya memandang depresi sebagai suatu hal yang negatif. Hal ini membuat lansia cenderung tidak melaporkan keadaan depresi yang mereka alami (Cohen-Cole & Stoudemire, dikutip oleh Nolen-Hoeksema, 2001). Kedua, diagnosis depresi pada lansia sulit dilakukan karena simtom depresi seringkali bercampur dengan penyakit medis yg serius. Hal ini senada dengan hasil penelitian Klerman & Weissman (dalam Nolen-Hoeksema, 2001) yang menyatakan bahwa gangguan depresi sering disertai dengan kesehatan fisik yang menurun. Pada akhirnya banyak penderita depresi yang meninggal dunia sebelum mencapai usia tua.
Faktor ketiga adalah hambatan kognitif yang dialami lansia seiring bertambahnya usia. Mengutip Robins & Regier, Nolen-Hoeksema (2001) menyatakan bahwa gejala-gejala hambatan kognitif pada tahap awal sulit dibedakan dengan gangguan depresi. Selanjutnya faktor keempat menampilkan pendapat yang lebih positif mengenai lansia, yakni seiring bertambahnya usia biasanya seseorang mengembangkan kemampuan mengatasi masalah (coping) yang semakin sehat dan adaptif. Hal ini memungkinkan lansia justru semakin sehat mental, bukan mengalami depresi sebagaimana prasangka yang selama ini ditujukan terhadap mereka (Elder, Liker, & Jaworski, dikutip oleh Nolen-Hoeksema, 2001).

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: